Langsung ke konten utama

Si Hitam Bertuksedo Bernama Candy Miaw



Arucing Kucing punya cerita



 25 Februari 2011 akhirnya kucing hitam itu tinggal di rumah kami. Aku dan anak-anak pun semakin jatuh hati padanya. Bulunya hitam mengilat dengan warna putih di bagian leher hingga perut dan di keempat kakinya. Ia tampak seperti sekor kucing dengan tuksedo hitam, kaus kaki, dan sarung tangan.

Baca Kisah Sebelumnya: Kucing Hitam di Belakang Rumah

Kucing kampung hitam itu kami beri nama Candy Miaw. Nama panggilannya Ken. Nama Candy Miaw ini aku dapat dari kuis kecil-kecilan yang aku gelar di Facebook. Kuis untuk mencari nama kucing! 

Dari puluhan nama yang diusulkan, akhirnya nama Candy Miaw yang terpilih, mengalahkan nama Sekar Ireng, Sirius Black, Britney, Paris, dan lain-lain. 

Selain terdengar lucu dan manis, nama Candy Miaw juga tidak mengandung huruf r. Dan yang nggak kalah penting, kecil kemungkinan ada mansuia bernama Candy Miaw.

Hari-Hari Pertama Candy Miaw di Rumah

Hari pertama di rumah, Candy Miaw membuat kami terkesima. Ketika sedang tidur di ruang tengah, tiba-tiba ia terbangun dan berlari kencang ke kamar mandi. Pup! Selesai pup, ia berjalan tenang ke tempatnya semula dan… kembali tidur. Hari-hari berikutnya pun seperti itu. 

Sayangnya, Candy tak bisa diajari untuk menyiram bekas pupnya. Akibatnya, minimal sekali dalam sehari aku harus menyikat kamar mandi. Cairan pembersih lantai dan kloset di rumah pun menjadi lebih cepat habis.

Hari ketiga di rumah, Candy berhasil menangkap seekor tikus curut. Biasanya hanya dimain-mainkan dan tak dimakannya.

Tak perlu menunggu lama, pemburu kecil ini sudah membuat tikus-tikus yang dulu sering berseliweran di rumah kami kabur ketakutan.

Arucing Kucing punya cerita
Candy Miaw tahun 2012.
 

Kucing yang Memilih

Kita sering menganggap kitalah yang memilih kucing. Namun, sebenarnya kucinglah yang memilih kita. Setidaknya itulah yang aku simpulkan dari “pergaulan” dengan kucing selama ini.

Kucing tahu siapa yang benar-benar menyayangi mereka dan siapa yang tak menyukai kehadiran mereka. Kucing tahu di mana ia ingin tinggal.
 
Candy Miaw memilih kami. Ia menangis jika aku pergi. Ia kebingungan jika tidak menemukan kami di tempat biasa.

Candy Miaw memilih kami. Ia ngotot ingin tinggal di rumah kami.
Candy Miaw memilih kami dan ia membuat kami jatuh hati padanya.

Salam meow,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kucing-Kucing Jalanan

Candy Miaw bukan kucing pertama dalam keluargaku. Sejak aku kecil selalu ada kucing di rumah. Rekor terbanyak adalah 21 kucing ketika aku duduk di bangku SD. Kesukaan pada kucing itu pun menurun pada anak-anakku. Kucing-Kucing di Jalan Suatu hari kami ke rumah sakit karena si adek harus menjalani tes darah. Seekor kucing putih-kelabu menyambut kami di lobi rumah sakit. 

Kucing Hitam di Belakang Rumah

Malam itu ada bunyi berisik di pintu belakang rumah. Bunyi itu terdengar sepanjang malam. Kadang lirih, kadang melengking. Meski terganggu, aku tak membuka pintu. Ini malam hari. Gang sempit di belakang rumah pun gelap. Hanya ada cahaya kecil dari rumah-rumah di sepanjang gang.